17 November, 2008

Guru Diajarkan Kenal Karakter Siswa

Sumber: The Globe Journal

Kesejahteraan guru kurang mendapatkan perhatian pemerintah. Akibatnya, guru sering mengeluh dan berimbas menurunnya mutu pendidikan di Aceh.

Hal tersebut disampaikan Akademisi Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP) Jabal Ghaful, Dr Bansu I Ansari, M.Pd dalam seminar bertajuk "Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Guru Melalui Aktive Leaning" di kampus lama Jabal Ghafur, Gle Gapui, Pidie, Minggu (16/11).

Bansu mengatakan, seminar ini untuk menambah wawasan guru dalam proses belajar mengajar, termasuk upaya meningkatkan pemahaman guru menghadapi karakter siswa yang berbeda satu dengan yang lainnya. Dia juga menyinggung dekadensi moral yang pernah terjadi di kalangan siswa SD, seperti kasus permerkosaan yang dilakukan secara bergilir. "Kita tidak bisa menyalahkan siswa, itu lebih kepada ketidakmampuan seorang pendidik dalam mengajar," ujarnya.

Disinggung angka kelulusan UAN di Aceh yang mencapai 80 persen, Bansu menjelaskan, angka tersebut hanya kuantitas, sedangkan kualitas tidak bisa ditentukan. "Gak bisa dipatok," sebut dia.

Seminar yang diadakan oleh Aceh Care Fundation (AFC) melibatkan 600 peserta dari guru Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA) dan para mahasiswa di lingkungan kampus Jabal Ghafur. [003]


0 komentar: