28 Agustus, 2011

Abu Sanusi Minta Gambit Cs Tak Lakukan Kriminal

Abu Sanusi: Mantan petinggi GAM
LANGSA – Seorang mantan petinggi Gerakan Aceh Merdeka (GAM) di Peureulak, Abu Sanusi menyerukan kepada semua mantan kombatan GAM untuk tidak melakukan aksi-aksi yang mengarah kepada tindakan kriminal.

“Kita sedang menikmati masa-masa damai yang indah, dan ini adalah anugerah Allah yang paling besar kepada kita rakyat Aceh. Kita semua harus menjaga dengan penuh keikhlasan,” kata Abu Sanusi menjawab Serambi, Jumat (26/8) malam, usai berbuka puasa di kediaman Bupati Aceh Timur, Muslim Hasballah di kawasan Paya Bujok, Langsa.

Penegasan Abu Sanusi tersebut terkait dengan serangkaian aksi menghebohkan yang dilakukan Gambit cs dengan menyerang sejumlah fasilitas politisi Partai Aceh (PA), dengan alasan menuntut keadilan.

Terkait dengan itu, Abu Sanusi mengingatkan para mantan GAM, terutama Gambit cs untuk tidak melakukan aksi-aksi yang bisa merugikan rakyat Aceh. “Karena dari dulu kita berjuang untuk rakyat, jadi jangan sekali-kali membuat mereka (rakyat) menjadi resah karena kita,” tandas Abu Sanusi.

Pendapat lain disampaikan Bupati Aceh Timur, Muslim Hasballah. Menurut Muslim, untuk merehabilitasi semua komponen termasuk sumber daya manusia di negeri pascaperang, paling tidak membutuhkan waktu minimal 20 tahun. “Masa enam tahun rasanya masih sangat singkat dibandingkan dengan konflik yang melanda Aceh dalam tiga dasawarsa,” kata Muslim.

Bupati Muslim menekankan pentingnya proses penyatuan di kalangan elit dalam memperjuangkan kepentingan rakyat Aceh. “Jika Gubernur, DPRA, dan mantan GAM bersatu, semua akan lebih mudah dalam memperjuangkan hak-hak rakyat yang belum terpenuhi,” demikian Muslim Hasballah.http://aceh.tribunnews.com




0 komentar: